Home » » Obyek wisata Mesjid Tiban di Malang

Obyek wisata Mesjid Tiban di Malang

Masjid Tiban, sekian orang-orang menyebutnya. Suatu masjid besar yang penuh dengan keagungan serta keindahan. Masjid Tiiban adalah suatu masjid yang terdapat didaerah Turen Kabupaten Malang, tepatnya ada diarea pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah Jl. Anggur Rt 27 Rw 06 Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Masjid ini dimaksud ini dikatakan sebagai Masjid Tiban karena asumsi orang-orang yang seputar yang mengisukan bahwa masjid ini mendadak ada. 



Perihal ini pula yang mungkin saja jadikan beberapa orang yang penasaran untuk lihat serta menunjukkan kehadiran masjid ini. Hingga tidak heran bila diarea masjid ini bisa anda jumpai beberapa orang yang datang untuk berwisata sambil menyembuhkan rasa penasaran mereka bakal asal usul masjid ini. 



Masjid ini sendiri mulai di bangun pada pada th. 1991 serta hingga sekarang ini pembangunan Masjid Tiban ini belum dapat disebutkan rampung. Tetapi hal yang menarik yang butuh Anda kenali di balik pembanguna kompleks masjid tiban ini yaitu perihal tak ada perencaan. Hal semacam ini karena lantaran pembangunan masjid yang mencakup bentuk bangunan serta semua ornament yang ada didalamnya adalah panduan dari sang Kholiq, malalui sholat istiqoroh yang dikerjakan oleh Romo Yai di Masjid itu. Ini kami peroleh saat kami terlibat perbincangan dengan salah satu pekerja lapangan yang telah cukup lama bekerja di sana. 




Beliau menjelaskan pada kami bahwa asumsi orang-orang perihal kehadiran masjid yang dianngap mistis, ada dengan cara mendadak serta dikira tak di ketahui saat pembuatannya oleh orang-orang adalah asumsi yang salah. Beliau menjelaskan bahwa seluruhnya yang ada dimasjid Tiban ini adalah hasil dari sistem pembangunan yang telah dumulai mulai sejak 1991. 

Lepas dari asumsi orang-orang perihal masjid Tiban ini, terdapat banyak kekaguman yang kami peroleh saat kami berkunjung ke tempat itu. Yang pertama yaitu perihal kemegahan yang kami tangkap saat pertama kali masuk ruang masjid ini. Memanglah masjid ini masih juga dalam skala pembangunan, tetapi bayangan bakal hal semacam ini telah merasa saat kami masuk kearea masjid menuju ke ruang parkir. Ke-2 yaitu perihal permasalahan ketenaga kerjaan yang mana seluruhnya sistem pembangun masjid ini dikerjakan oleh santri dimasjid itu. Lalu yaitu permasalahan pendanaan. Pendanaan juga dikerjakan oleh beberapa jamaah pondok itu tidak ada campur tangan pihak luar. Dituliskan juga dalam salah satu dasar pembanguna masjid itu bahwa dalam membagun masjid itu dilarang ada sikap meminta-minta, sikap tomak serta Tak hutang. Walau sekian bila Anda bertandang ke sana anda tak perlu untuk keluarkan duit sepeserpun atau gratis. Bahkan juga narasumber itu juga menyampaikan bahwa pengunjung juga dapat menginap di sana tanpa ada dikenai cost apa pun. 




Hal-hal lain yang butuh Anda kenali perihal masjid ini yaitu sistem pembangunan yang dikerjakan dengan cara ramah lingkungan. Bahkan juga ada salah satu sisi dari masjid itu yang berniat di buat dengan posisi hindari sebuh pohon kelapa. Hal semacam ini ditujukan untuk terus melindungi pohon itu terus hidup serta tak perlu menebangnya. 



Masjid ini terbagi dalam lantai 9 yang bisa anda jelajahi dengan memakai lift maupun dengan lewat anak tangga yang sudah disiapkan. Pada lantai basic yang, pintu masuk di buat berlorong serta dihiasi dengan lampu yang memberi kesan sendiri. Disalah satu lantai Anda dapat temukan toko yang jual camilan dan toko cinderamata. Pada lantai sembilan Anda bisa lihat panorama yang indah baik itu di dalam komplek atau di luar kompleks pendok pesantren. 

Senang menjelajahi masjid sampai lantai sembilan Anda dapat keluar serta menjelajahi toko yang jual berbagai macam cinderamata. Anda dapat juga memperoleh kaset cd yang berisikan perihal pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. Diluar itu disalah satu tempat ada ruang yang dipakai spesial untuk satwa, seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan serta sebagian jenis satwa yang lain. 



Bila Anda pertama kali berkunjung ke tempat ini Anda bakal diberikan kartu masuk yang nanti mesti Anda serahkan ke sisi info sekalian mengambil kartu untuk keluar. hal semacam ini ditujukan untuk kemanan. 

Akses menuju tempat sangat gampang untuk dijangkau serta bisa ditempuh dengan kendaraan roda4. Walau sekian publikasi perihal ada masjid ini sangat kurang. Hingga tak kebanyakan orang tahu seperti beberapa tempat wisata yang lain yang ada di Indonesia. Namun jika anda ingin berwisata di malang dan berkeliling di malang, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di malang atau rental mobil di malang tempat kami. kami siap mengantar perjalan wisata anda.

0 comments:

Post a Comment